.

Photobucket BAGI REKAN-REKAN JIMNY BALI JIKA INGIN MEMASANG JIMNY NYA DI SITUS INI SILAHKAN KAN KIRIMKAN ARTIKEL DAN FOTO-FOTONYA MELALUI FORM EMAIL KAMI

Tuesday, June 22, 2010

Agung Jim Collection




Koleksi Jimny Anak jimny Bali, milik Agung Suryadinata
Jimny 6 dan jimny Jangkrik
ingin tau lebih banyak tentang profile Agung Jim klik disini
KLIK SELENGKAPNYA - Agung Jim Collection

Sunday, June 20, 2010

Mengerti dan Memahami

1. RADIATOR
Komponen ini berfungsi utama sebagai penukar panas cairan pendingin. Cairan pendingin bersuhu tinggi yang keluar dari mesin akan didinginkan ketika berada di radiator dengan bantuan hembusan udara yang melewati kisi-kisi radiator. Dengan demikian, saat memasuki mesin, suhu cairan sudah turun sehingga bisa bertugas untuk menjaga suhu mesin. Permasalahan yang sering terjadi pada radiator adalah:

a). Bocor. Kebocoran pada radiator bisa mengakibatkan berkurangnya volume cairan pendingin sehingga pertukaran panas dari mesin ke cairan pendingin terganggu. Kebocoran bisa terjadi karena radiator retak, terbentur keras, korosi, keran pembuangan yang rusak, atau tutup radiator yang rusak.

Solusi:
Perbaiki bagian-bagian yang bocor. Jika ada bagian yang mengalami korosi, sebaiknya diganti dengan bagian yang baru (jika belum parah) di tempat servis radiator. Jika sudah parah, sebaiknya unit radiator diganti baru. Untuk keran pembuangan yang bocor, biasanya karena O-ring karet sudah rusak. Ganti dengan yang baru, atau ganti sumbat keran pembuangan. Untuk tutup radiator yang rusak, sebaiknya ganti baru dengan spesifikasi yang sama dengan standar.

b). Kotor/berkerak. Disebabkan karena digunakannya cairan pendingin yang mengandung endapan mineral. Kerak-kerak yang menempel di jalur dalam radiator akan menghambat pelepasan panas. Selain itu, kerak kerak tersebut juga bisa menyebabkan korosi yang mengikis ketebalan dinding radiator sehingga lambat laun akan menyebabkan kebocoran.
Solusi:
Bersihkan radiator. Jika belum parah bisa menggunakan radiator flush yang dijual bebas dipasaran. Jika sudah parah sebaiknya lakukan servis radiator. Untuk pencegahan, pakai cairan pendingin yang bebas mineral atau radiator coolant dengan takaran yang sesuai.

2. TUTUP RADIATOR.
Komponen ini bertugas untuk mengatur tekanan sistem pendinginan sekaligus mengatur level volume cairan pendingin pada tingkat ideal. Kerusakan pada tutup radiator bisa berupa seal karet yang sudah rusak atau pegas yang sudah lemah.
Solusi: Ganti baru dengan spesifikasi sesuai standar dengan batas tekanan 0.9 bar (pastikan dengan spesifikasi standar pabrik). Jika memakai spesifikasi di atas standar (1.1 atau 1.3 bar) akan terjadi tekanan berlebihan pada sistem pendinginan sehingga justru akan merusak komponen-komponen pendinginan yang lain.

3. KIPAS PENDINGIN.
Fungsi utamanya adalah untuk menghasilkan aliran udara sehingga udara bisa mengalir melalui kisi-kisi radiator dan meniup ke arah mesin untuk membantu pelepasan panas. Gangguan yang sering terjadi adalah:
- Putaran kipas yang kurang cepat.Biasanya karena tegangan fan belt kurang sehingga terjadi selip.
Solusi: Atur ulang tegangan fan belt. Usahakan lendutan fan belt pada bagian antara dua puli yang terjauh antara 10 – 12 mm.

- Kipas yang terlalu lentur sehingga melentur saat berputar.
Solusi: Ganti baru dengan kualitas yang baik.

c). Pemasangan kipas terbalik. Posisi yang benar adalah bagian cekung bilah kipas menghadap mesin. Jika terbalik,.aliran udara yang dihasilkan akan pecah/tidak fokus sehingga proses pendinginan kurang optimum.

4. POMPA AIR (WATER PUMP).
Fungsi utamanya adalah untuk mensirkulasikan cairan pendingin melalui jalur-jalur cairan pendingin. Jika kerja pompa air terganggu, maka sirkulasi cairan pendingin tidak akan optimum sehingga proses pertukaran panas juga akan terganggu. Pompa air pada mesin Jimny/Katana juga berfungsi sebagai dudukan kipas pendingin. Masalah yang sering timbul adalah: Pompa air bocor. Biasanya karena usia pakai atau tegangan fan belt yang terlalu keras sehingga membebani bearing dan seal pada pompa air tersebut. Ciri-cirinya: timbul bunyi gerusan dari arah pangkal puli kipas pendingin. Jika sudah parah akan terlihat kebocoran dari arah pangkal puli kipas pendingin
Solusi: Ganti baru sebab pompa air Jimny/Katana didesain sekali pakai.

5. THERMOSTAT.
Fungsi utama thermostat adalah mengatur aliran cairan pendingin dan mengatur suhu optimum mesin. Thermostat bekerja dengan cara menutup aliran cairan pendingin dari mesin saat suhunya masih rendah dan membuka saat suhunya mencapai ukuran tertentu, biasanya di sekitar suhu kerja optimum mesin (82 – 88 derajat C). Dengan demikian, thermostat mengatur agar cairan pendingin yang berada di mesin benar-benar mendinginkan mesin dan cairan pendingin yang berada di radiator benar-benar diturunkan suhunya. Jika thermostat rusak atau dilepas, maka sistem pendinginan akan terganggu. Gangguan yang sering terjadi adalah:

- Thermostat rusak. Solusi: Ganti baru.

- Pemasangan yang kurang tepat sehingga menyebabkan kebocoran. Sebaiknya baca dan ikuti petunjuk pemasangan yang ada di dalam kemasan produknya dengan teliti.

6. SELANG INLET DAN OUTLET.
Letak selang-selang ini adalah di atas dan bawah radiator, menghubungkan radiator dengan jalur pendingin di mesin. Masing-masing selang ini diikat dengan klem. Gangguan yan g sering terjadi adalah:

- Bocor/retak/robek. Biasanya terjadi karena usia pakai, kualitas selang yang kurang baik, atau pengencangan klem yang berlebihan.

Solusi: Ganti selang dengan kualitas yang baik.

- Selang sering lepas/robek pada bagian klem. Selain karena pengencangan klem yang berlebihan, masalah ini juga disebabkan karena pemotongan selang terlalu banyak sehingga selang menjadi terlalu pendek. Akibatnya, fleksibilitas selang berkurang sehingga saat mesin beroperasi, getarangetaran mesin akan menarik bahkan merobek selang tersebut. Solusi: Sebaiknya ganti selang agar tidak telalu banyak sambungan yang berarti menambah titik rawan kebocoran.

c). Pemakaian selang yang tidak sesuai.
Akibatnya, pemasangan selang juga tidak pas sehingga mengakibatkan hal-hal seperti selang kempis, robek, atau tercabut.

Solusi: sebaiknya usahakan mengganti selang lama dengan selang baru yang memiliki ukuran, kualitas, dan bentuk sama.

7. SELANG BY-PASS.
Berupa selang kecil dengan panjang sekitar 10 cm. Letak selang by-pass berada di bawah rumah thermostat (jalur outlet) dan menghubungkan antara jalur inlet dan outlet cairan pendingin pada mesin. Fungsi utama adalah sebagai jalur kompensator tekanan yang dihasilkan oleh pompa air pada saat thermostat tertutup sehingga mencegah tekanan berlebihan dari pompa air yang bisa merusak sistem pendinginan. Gangguan yang paling sering terjadi adalah bocor atau robek. Penyebabnya adalah usia pakai, kualitas yang kurang baik, atau selang yang kurang sesuai.

Solusi: Ganti selang dengan kualitas yang baik dan ukuran yang pas.

8. WATER JACKET.
Water jacket adalah ruangan dan jalur-jalur cairan pendingin yang berada di dalam blok mesin dan kepala silinder. Water jacket menyelubungi bagian-bagian mesin yang menimbulkan panas saat mesin bekerja, seperti silinder dan ruang bakar. Di water jacket terjadi pertukaran panas antara komponen mesin dengan cairan pendingin. Dengan cara inilah suhu mesin terjaga pada tingkat optimum. Gangguan yang bisa terjadi adalah:

- Water jacket kotor/berkerak. Penyebabnya adalah penggunaan cairan pendingin yang kurang bersih atau mengandung mineral. Jika dibiarkan, selain mengganggu proses pelepasan panas mesin juga akan menyebabkan korosi.
Solusi: Bersihkan dengan memakai radiator flush. Ulangi beberapa kali jika dirasa perlu. Sebaiknya cairan pendingin menggunakan coolant yang bisa mencegah terbentuknya timbunan kerak pada water jacket. Atau jika tidak menggunakan coolant, sebaiknya rutin dikuras.

- Bocor/rembes.Biasanya karena kondisi packing/gasket kepala silinder sudah kurang baik. Ciri-cirinya, pelumas mesin berwarna coklat susu karena tercampur cairan pendingin.
Solusi: Ganti packing/gasket kepala silinder dengan yang baru. Jika pelumas terkontaminasi, sebaiknya juga diganti. Lakukan penggantian pelumas berikutnya lebih cepat dari jadwal rutin dengan tujuan untuk membuang kadar cairan pendingin di dalam pelumas lebih cepat. Setelah yakin bebas dari kontaminasi, jadwal penggantian rutin bisa kembali seperti semula.

- Bocor karena blok atau kepala silinder retak. Ini bisa terjadi jika mesin mengalami overheating yang sangat parah atau terjadi penambahan/pengurangan suhu secara drastis. Juga bisa terjadi karena benturan keras. Kasus seperti ini jarang terjadi.
Solusi: Jika belum parah/melewati toleransi, masih bisa ditambal/rebuilt. Namun jika sudah cukup parah, sebaiknya diganti baru.

Apakah anda sudah memilih mobil retro favorit anda ?

Sumber :

* pikiran-rakyat.com
* barangjasa.com
* duniasex.com
* otomotifnet

KLIK SELENGKAPNYA - Mengerti dan Memahami

Jual beli second

UNTUK HALAMAN INI DIKHUSUSKAN UNTUK MENJUAL BARANG.
penulis hanya membantu menayangkan iklan saja, isi iklan diluar tanggung jawab penulis.
untuk keyakinan anda silahkan langsung meng-kontak nomer yang terdapat di setiap iklan.
===================================
sms/call 085722115533

"finalgear dpn blkg 943, 841 murah, paket 4x4 murah, paket discbreak LJ80 murah transfercase, kopel, discbreak, freelock, as roda, rumah gardan, bumper"

fg 841 (1,5jt) 943(2jt) sms/call 085722115533"
============================================


Bagi rekan-rekan yang ingin menjual barang-barang bekas / second untuk jimny silahkan kirimkan data-datanya melalui form kami dibawah.

Kirim iklan anda


ATAU KLIK DISINI UNTUK MASUK KE FORUM
KLIK SELENGKAPNYA - Jual beli second

Toko Acsessories Jimny

Halaman Khusus Jual Beli Acsessories Jimny

Bagi rekan-rekan yang yang memiliki usaha jual / beli acsessories untuk jimny silahkan kirimkan datanya melalui form email kami.

klik disini untuk mengirim email

NB:
1.jika dilengkapi dengan foto - fotonya sangat bagus sekali.
2.sekalian promosi GRATIS bagi pemilik bengkel

-----------------------------------------------------------------------------------------------
DIJUAL ASESORIS UNTUK JIMNY
* lokasi denpasar

klik disini untuk melihat barang yang dijual
-----------------------------------------------------------------------------------------------
KLIK SELENGKAPNYA - Toko Acsessories Jimny

Bengkel Mesin

Mohon Maaf untuk sementara halaman ini belum tersedia data

Bagi rekan-rekan yang mengetahui lokasi dan alamat bengkel Mesin yang Recomended dan bagus untuk jimny silahkan kirimkan datanya melalui form email kami.

klik disini untuk mengirim email

NB:
1.jika dilengkapi dengan foto bengkel nya sangat bagus sekali.
2.sekalian promosi GRATIS bagi pemilik bengkel
KLIK SELENGKAPNYA - Bengkel Mesin

Bengkel Body

Mohon Maaf untuk sementara halaman ini belum tersedia data

Bagi rekan-rekan yang mengetahui lokasi dan alamat bengkel Body yang Recomended dan bagus untuk jimny silahkan kirimkan datanya melalui form email kami.

klik disini untuk mengirim email

NB:
1.jika dilengkapi dengan foto bengkel nya sangat bagus sekali.
2.sekalian promosi GRATIS bagi pemilik bengkel
KLIK SELENGKAPNYA - Bengkel Body

Thursday, June 17, 2010

Email Jimny Bali

Kotak Surat Jimny Bali
Anda bisa mengirim pesan / email ataupun artikel materi lisan dan foto ke kami

Nama*
Email*
Kota*
Tipe Jimny*
Website
Pesan*
Upload a File
Upload a File
Upload a File
Upload a File
Jika ingin mengirimkan materi foto dll, untuk di posting di situs ini silahkan kirimkan ke kami.
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image][What's This?]
Powered byEMF PHP FormS
KLIK SELENGKAPNYA - Email Jimny Bali

Pemasangan aki 75 ampere



Buat Rekan-rekan sekedar ingin membagi informasi untuk pemasangan aki diluar standar nya jimny, misal nya pada contoh foto pemasangan aki N70Z atau 75Ampere.
Tahap yang diperlukan adalah membuatkan dudukan untuk aki yang berbody besar ini, dengan cara memotong bagian atas spakbor rodanya, kemudian munurunkan / mencelongkan kebawah sehingga aki bisa lebih dalam duduknya, hal ini dilakukan agar kepala aki positif tidak mengenai kap mesin.
ini bisa dilakukan karena pemasangan tambahan asesoris yang sudah tidak standar lagi sehingga membutuhkan suplay listrik yang besar juga.
KLIK SELENGKAPNYA - Pemasangan aki 75 ampere

Wednesday, June 16, 2010

Penulis

Berawal dari melihat dan papasan dengan jimny yang keren-keren style ofroad look daerah denpasar, timbul keinginan untuk ikut serta membangun sebuah jimny, awalnya berfikiran karena mobil irit bbm karen cuma kurang dari 1000cc, akhirnya saya meminang sebuah jimny SJ410 keluaran thn 1984/85.
Pada bulan ....... 2010 mobil ini saya beli, mulai perlahan saya perbaiki dari kaki-kaki sampai mesin, karena itu yang paling utama untuk sebuah mobil yang harus dalam kondisi prima.

berhubung saya membangun mobil ini dengan konsep minimali modalis, jadi sampai sekarang belum kesampaian untuk menjadikan offroad look..

yah namanya juga adeng-adeng gen....


my facebook klik here
KLIK SELENGKAPNYA - Penulis

SJ410




SJ410 ini sudah 4wheel namun sayang belum dilengkapi dengan As kopel depan jadi tarikan roda depan benar-benar tidak ada, jadi nyangkut dah di tanjakan, harus di tarik.
KLIK SELENGKAPNYA - SJ410

Sejarah suzuki jimny

Sejarah Perkembangan Suzuki Group

1970
Untuk menunjukann eksistensi brand Suzuki di Indonesia, maka dibawah bendera PT.INDOHERO STEEL & ENGINERING Co Memperkenalkan produk Roda 2 Type A 100 & FR 70.

1976
Di bawah kepemimpinan Soebronto Laras, Group Suzuki memulai produksi kendaraan roda 4 pertamanya Pick Up ST 10 dan mobil penumpang Suzuki Fronte.

1977
Sejalan dengan program lokalisasi pemerintah, Suzuki mengembangkan kendaraan untuk keperluan komersial yaitu Super Carrti ST 20.

1979
Produksi dari kendaraan serba guna Suzuki Jimny LJ 80, dan beberapa tipe sepeda motor antara lain GP 100, GP 125 dan TS 100.

1981
Suzuki LJ 80 dikembangkan menjadi SJ 410 dengan pemanfaatan mesin 4 silender 1000 cc yang kemudian hari menjadi mesin standar untuk kendaraan bermotor roda 4 Suzuki di Indonesia.

1983
Kendaraan komersial Suzuki ST 100 diluncurkan menggantikan ST 20. Pada waktu yang bersamaan, setiap mesin dari kendaraan roda 4 telah melalui proses standarisasi.

1986
Suzuki mendapatkan penghargaan “Market Leader Award” untuk kategori kendaraan roda 4.

1990
Kendaraan seperti Suzuki Forsa Amenity mulai diperkenalkan untuk memenuhi permintaan pasar yang meningkat untuk kelas sedan 1300 cc.

1991
Peluncuran sepeda motor Suzuki RGR 150, Suzuki Crystal dan Suzuki TRS X-2 di Indonesia. Pada waktu yang sama juga juga diperkenalkan kendaraan roda 4 Suzuki Carry 1.3 dan Suzuki Esteem.

1993
Kendaraan Suzuki Vitara 1.6 kendaraan serba guna dengan kenyamanan penumpang dan kapasitas menjelajah penggerak 4 roda (4WD) mulai diperkenalkan ke pasaran.

1994
Kesuksesan Vitara diteruskan dengan memperkenalkan Escudo generasi penerus Vitara dengan penggerak 2 roda.

PT. Indomobil Suzuki International memulai bisnis outboard motor, untuk memasarkan outboard motor merek Suzuki di wilayah Indonesia. Untuk itu dibuat divisi baru yang khusus menangani outboard (sales, service dan spare part) yaitu OUTBOARD DIVISION.

Pemasaran khusus untuk mesin type 2 takt, yaitu type DT 2, DT 2.2, DT 4, DT 8, DT 9.9, DT 15 DT 25, DT 40, DT 60, DT 70, DT 85, DT 115, DT 140 dan DT 200.

1995
Pada tahun ini Suzuki Sidekick mulai dipekenalkan dengan harga lebih murah daripada Suzuki Escudo, pada tahun yang sama juga diluncurkan Sepeda Motor Suzuki FD 100 C.

1996
Di kelas sedan, Suzuki Esteem 1.6 yang telah berkiprah selama 2 tahun juga mendapatkan perhatian yaitu dengan diluncurkannya Suzuki Baleno 1.6

1998
Penghentian pemasaran DT 2.

1999
Untuk meningkatkan kepercayaan International, Suzuki mendapatkan sertifikat ISO, dan meluncurkan tipe baru 1.000 cc Suzuki Karimun, kendaraan city car yang efisien. Suzuki Karimun juga mendapatkan penghargaan sebagai kendaraan terfavorite di Jepang.

2000
Untuk mencapai efisiensi yang tinggi, sejalan dengan kebijakan pemerintah mengenai pajak, maka Suzuki Baleno dan Futura menurunkan kapasitasnya menjadi 1.500 cc dan Baleno Automatic. Pada tahun yang sama Suzuki meluncurkan Shogun dengan mesin 4 tak.
Penghentian pemasaran DT 4, DT 9.9, DT 60 dan DT 85. Mulai memasarkan mesin type 4 takt, yang pertama adalah type DF 15L.

2001
Suzuki memperkenalkan generasi penerus Escudo 2.0 dengan kapasitas mesin lebih besar (2.000 cc) dan model lebih sporty.

2002
Dengan munculnya trend baru kendaraan baru MPV, Suzuki mengeluarkan produk handalnya yaitu Suzuki Aerio yang mendapat sambutan hangat di masyarakat. Di samping itu Suzuki juga mengeluarkan motor SMASH yang sangat efisien dan irit.
Memasarkan mesin 4 takt, type DF 70, DF 115 dan DF 140.

2003
Sesuai dengan kondisi pasar yang semakin kondusif, Suzuki meluncurkan produk berteknologi tinggi yaitu Grand Escudo XL-7 ( Extra Large 7 Seater). Sedangkan untuk memenuhi permintaan pasar akan kendaraan SUV kelas menengah dengan harga terjangkau diluncurkan Escudo 1.6. Pada tahun yang sama dilakukan peremajaan pada Suzuki Baleno dengan diluncurkan SX4 Sedan. Sementara itu Suzuki Carry yang legendaris itu digarap dengan produksinya yaitu Minibus Personal Van.
Memasarkan mesin 4 takt, type DF 30, DF 50, dan DF 250.
Penghentian produksi mesin 2 takt seluruh type, kecuali type DT 2.2, DT 15 dan DT 40.

2004
Suzuki mendapatkan penghargaan menjadi “ Mother Plan Automotive” di kawasan Asia Tenggara dengan memproduksi kendaraan type MPV yang berkelas International, dengan nama APV (Asean Project Vehicle) 1.500 cc. Selain memenuhi permintaan domestik, APV juga di eksport ke beberapa negara lain. Pada tahun yang sama Suzuki meluncurkan kendaraan roda dua 4 tak 125 cc yang handal
Di kelasnya yaitu SHOGUN 125 dan Suzuki SMASH SR 110 yang gesit dan irit. Dan di penghujung tahun yang sama juga diluncurkan sepeda motor bertype Hyperunderbone berteknologi tinggi yaitu SATRIA FU 150.
Mulai memasarkan type DF 200 dan DF 6.
Masih memasarkan type 2 takt hanya untuk type : DT2.2, DT 15 dan DT 40.

2005
Permintaan pasar untuk kendaraan APV semakin meningkat, maka diluncurkan APV Automatik yang memudahkan dalam berkendara. Pada tahun yang sama, SHOGUN meluncurkan generasi penerus dengan design yang lebih sporty dan berjiwa muda dengan kopling manual yaitu Suzuki SHOGUN 125 SP (Sport Production).
Mulai memasarkan mesin 4 takt, type DF 225 dan DF 175.
Penghentian produksi mesin 2 takt untuk type DT 2.2.

2006
Mulai memasarkan type DF 6.
Masih memasarkan type 2 takt hanya untuk type : DT 15 dan DT 40.

2007
Dengan tingginya permintaan pasar terhadap mobil Swift maka Suzuki memproduksi dan meluncurkan mobil Swift versi CKD. Sama halnya dengan kendaraan roda 4 berjenis MPV, APV Arena yang merupakan minor change dari APV, diluncurkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pasar yang tinggi. Kendaraan berjenis city car pun turut diluncurkan di tahun ini yakni Karimun Estilo. Kemudian, mobil SX4 sebagai pioneer kendaraan berplatform Cross Over di dunia ini diluncurkan untuk menambah line up produk Suzuki.

2008
Guna memenuhi permintaan yang melonjak terhadap kendaraan berjenis Cross Over maka Suzuki memproduksi SX4 versi CKD dan SX4 model notch back, SX4 Sedan/ Neo Baleno untuk melengkapi model SX4.

2009
Suzuki meluncurkan produk kendaraan roda 4 yang berjenis MPV yaitu APV SGX Luxury. Produk ini merupakan minor change dari produk APV sebelumnya yang sudah ada di market, APV dan APV Arena. Bukan hanya itu saja, produk mobil berjenis SUV, Grand Vitara 2.4 ini merupakan minor change dari Grand Vitara 2.0 dan jenis city car yaitu New Karimun Estilo (sebelumnya adalah Karimun Estilo).
KLIK SELENGKAPNYA - Sejarah suzuki jimny

Aksi jimny


Jimny 6 Klamunto



Beberapa contoh mobil yang sudah dilengkapi dengan 4wheel, melahap medan terjal bukan masalah
KLIK SELENGKAPNYA - Aksi jimny

Perjalanan Menuju Serangan





13 Juni 2010
KLIK SELENGKAPNYA - Perjalanan Menuju Serangan

ShoutMix chat widget Klik disini untuk mengeluarkan layar terpisah untuk comment ini
Photobucket ---FORUM JIMNY BALI---

Asal Pengunjung

JUMLAH KUNJUNGAN

  © KOMUNITAS JIMNY OWNER BALI Professional Blogger by Suastika 17 JUNI 2010

Back to TOP